Selengkapnya">
24 Juli 2019

Gempa hari ini di Bali, warga Kuta dan Badung Berlarian Keluar Rumah

Prakiraan durasi baca: menit - Panjang artikel kata.

Gema.id Bali – Aktifitas tektonik menyebabkan gempa hari ini di Bali, Jawa Timur, dan Lombok pagi pukul 09.29 WITA (24/7/2019). Berdasarkan analisa terakhir BMKG gempa di 3 wilayah ini diketahui berkekuatan 4,6 Magnitude.

Gempa berkedalaman menengah ini disebabkan oleh aktivitas subduksi, menyusupnya Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia.

Pembaharuan Kabar Gempa Bali; Info Terbaru BMKG: Bali Terguncang Lagi, 3 Guncangan Gempa terakhir Bikin Bali Jadi Trending Nasional

Data tersebut didapatkan bila memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa hari ini di Bali, Lombok, dan Jawa Timur tersebut. Perubahan posisi lempeng Indo-Australia tersebut menggeser posisinya menjadi berada tepat di zona transisi Magathrust-Benioff.

Titik gempa terletak di koordinat 8,98 LS dan 114,17 BT, tepatnya di laut berkedalaman 71km, 84 km barat daya Jembrana, Bali.

Guncangan gempa dilaporkan terasa sampai;

  • Kuta (Bali) dalam skala intensitas IV MMI,
  • Banyuwangi, Denpasar, dan Jember sekitar III MMI, dan
  • Gianyar, Lombok, dan Tabanan Utara pada intensitas II MMI.

Sehari sebelumnya, gempa juga mengguncang Bali pada rabu pagi pada 09.29 WITA (23/7/2019).

“Hasil analisa menunjukkan bahwa gempa hari ini di Bali, Lombok, dan Jawa Timur tersebut tidak berpotensi tsunami,” ungkap kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono.

“Beberapa warga Bali tepatnya di daerah Kuta dan Badung, serta bagian selatan Banyuwangi berlarian keluar rumah akibat terkejut, guncangan gempa memang terjadi secara tiba-tiba,”

Tambah Daryono

Pemonitoran terakhir BMKG, sampai 10.30 WITA belum ada aktivitas gempa susulan, warga pada titik gempa dihimbau untuk tetap tenang.

Penaut:
Built with by Div.id
Back to Top